Senin, 30 Maret 2009

Apa Pentingnya Web Stats dan Web Counter?

Statistik pada website atau blog merupakan hal penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Meski bukan fasilitas wajib, hampir semua website / blog populer pasti mempunyai statistic pengunjung, baik ditampilkan maupun tidak. Ada banyak layanan yang menawarkan fasilitas statistic gratis untuk website atau blog.
Berikut ini adalah beberapa layanan web statistic yang gratis :


HiStats
http://www.histats.com
Dari sekian web stat, HiStats adalah yang paling baik. Fasilitas standard yang diberikan, ditampilkan cukup apik, hamper semua dengan grafik dan tampilkan secara dinamis. Misalnya, ketika cursor kita arahkan disalah satu gradik, maka akan ditampilkan detailnya. Seperti Google analytics, disertai perkiraan jam dan hari ini.
Selain itu statistic bisa diset ke public, private dan bahkan tidak menampilkan logo/icon statistik di web kita alias hidden. Kita juga dapat memilih alternative puluhan icon/gambar yang akan ditampilkan di web/blog kita. Dibandingkan sitemeter, HiStats lebih lengkap dengan tampilan yang lebih menarik.
Untuk menggunakan fasilitas HiStats pada website/blog anda cukup mudah. Setelah masuk ke websitenya, anda hanya perlu melakukan 4 langkah mudah berikut ini :
Register Website/blog anda
Memilih counter style
Mengopy counter code
Meletakan counter code di website/blog anda
Google Analytic

http://www.google.com/analytics
Fasilitas gratis yang diberikan google bisa dikatakan yang terlengkap dibandingkan webstat lain, disamping berbagai fasilitas statndard dengan tampilan grafik, export ke pdf, csv, xml dan lainnya, disertakan juga dengan fasilitas hasil pencarian google yang masuk ke web kita. Dibandingkan dengan web stat lain, Google Analytics memberikan detail statistic lebih banyak.
Hanya saja hassil yang ditampilkan hanya bisa dilihat oleh pemilik account itu sendiri, artinya belum bisa di set sebagi public dan tampil dalam home page anda. Selain itu, detail statistik dan fasilitas lengkapnya terkadang harus dibayar dengan beban loading yang cukup berat.
Untuk menggunakannya anda harus sign up account baru dengan memasukan alamat URL website anda dan mengikuti langklah – langkah selanjutnya. Setelah mendapatkan code, anda harus mengcopy dan meletakkan code tersebut di bagian website/blog anda diposisi sebelum tag .
Sitemeter

http://www.sitemeter.com
Sitemeter memberikan statistic standard. Hanya saja untuk versi gratis tidak menyediakan statistic unique visit dan pageviews. Statistik bisa di set public (semua orang bisa lihat di website anda) maupun private. Meskipun fasilitas standard, tetapi proses loadingnya sangat cepat, sehingga tidak membebani loading website / blog anda.
Grafik yang ditampilkan cukup sederhana, tidak ada fasilitas melihat trafik untuk tanggal tertentu, hanya disediakan hari ini, 7 hari, 30 hari dan 12 bulan sebelumnya. Dan sepertinya untuk statistik pageviews lebih kecil dibandingkan dengan layanan lain.
Motigo webstat

http://webstats.motigo.com/
Motigo webstat memberikan hasil yang cukup minim, tetapi menyediakan ranking berdasarkan pengunjung web/blog, baik total maupun pernegara.
Namun banyak yang mengeluhkan karena layan ini sering memunculkan popup (iklan) yang cukup mengganggu. Dan ternyata, memang ikaln tersebut berasal dari Motigo webstat. Kode yang dipasang memanggil java script dank ode tersebut memanggil kode-kode javascript lainnya yang salah satunya berisi iklan tersebut.
StatCounter

http://www.statcounter.com
StatCounter menyediakan fasilitas standard web statistik, StatCounter juga memberikan fasilitas tambahan lainnya misalnya : Keyword analysis, Recent Keyword Activity, Search Engine Wars, Visitor Paths, Recent PageloadActivity, Recent Visitor Activity, Email Reports, User Access Management, Public Stats dan lainnya.
Sayangnya jika web / blog kita setiaphari sudah mencapai 9000 pageview atau lebih, maka harus di upgrade ke versi yang berbayar. Tapi jika masih kurang dari itu, StatCounter masih tetap gratis.
Clicky

http://getclicky.com/
Clicky mengusung nama Web Analytics 2.0 dengan tampilan yang khas. Diperbandingan yang ditampilkan. Clicky menampilkan beberapa keunggulan disbanding Googl Analytics. Yang menarik tersedia fasiltas Statistic Real Time (SPY), jadi setiap satu atau dua detikbisa dilihat statistiv pengunjung kita.
Clicky tidak sepenuhnya free, fasilitas sepenuhnya (Pro) bisa didapatkan selama 21 hari, setelah itu tinggal memilih versi gratis (yang terbatas fasilitasnya) atau versi pro dengan membayar. Sampai saat ini Clicky belum bisa menerima web site yang dalam sehari punya lebih dari 100.000 page views
Piwik

http://piwik.org/
Piwik merupakan Open Source, merupakan Open Source web analytics. Tujuannya menjadi alternative dari Google Analytics. Berbeda dengan web static lainnya, Piwik dibuat berdasarkan Plug Ins, sehingga kita bisa menambah atau menghilangkan fasilitas yang tidak di inginkan. Selain itu, kita sendiri yang memiliki data dan bisa diolah datanya dengan menggunakan Open API


by: http://ayadinata.com


0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP